RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2
RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2 - Assalamualaikum, wr, wb, selamat datang kembali di www.kherysuryawan.com, alhamdulillah pada kesempatan ini kami bisa sharing kembali perangkat-perangkat terbaru untuk para pengunjung semuanya. Menyongsong tahun pelajaran baru (2019/2020), guru sudah mulai mempersiapkan Perangkat Pembelajarannya mulai dari menyusun Silabus, Prota, Promes, KKM, dan juga RPP.
Semua perangkat tersebut memang tidak mudah untuk dikerjakan apalagi dalam waktu yang singkat. Semuanya harus dikerjakan secara teliti dan telaten khususnya pada RPP sebagai rencana pembelajaran yang memuat langkah-langkah teknis untuk diterapkan dikelas.
RPP adalah rencana pembelajaran yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi. Untuk membuatnya kita harus pahami dulu beberapa kebijakan pemerintah terkait dengan panduan penyusunan RPP seperti contohnya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.
Semua perangkat tersebut memang tidak mudah untuk dikerjakan apalagi dalam waktu yang singkat. Semuanya harus dikerjakan secara teliti dan telaten khususnya pada RPP sebagai rencana pembelajaran yang memuat langkah-langkah teknis untuk diterapkan dikelas.
RPP adalah rencana pembelajaran yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi. Untuk membuatnya kita harus pahami dulu beberapa kebijakan pemerintah terkait dengan panduan penyusunan RPP seperti contohnya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.
RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2
Mengacu juga pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka Komponen dalam RPP harus memuat :
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
Selain Komponen-komponen diatas, guru juga harus menguasai Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP sebelum menyusunnya. Berikut beberapa poin penting dalam pengembangan RPP :
- Memperhatikan perbedaan individu peserta didik seperti perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Mendorong partisipasi aktif peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
- Mengembangkan budaya membaca dan menulis Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Memberikan umpan balik dan tindak lanjut, RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sebagai bahan referensi, kali ini kami akan bagikan referensi terbaru RPP Bahasa Indonesia Kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9 Revisi 2018 yang mungkin bisa memenuhi harapan bapak/ibu guru yang membuatuhkannya. Langsung saja bagi yang berminat untuk memiliki RPP ini anda bisa mendownloadnya melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini.
Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 dan 2 K13 Revisi 2018
Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2 K13 Revisi 2018
Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 dan 2 K13 Revisi 2018
Demikian RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2 yang dapat kami bagikan, semoga bisa memenuhi harapan anda. Dapatkan juga file-file terbaru dari kami pada kesempatan yang akan datang. Jangan lupa bagikan postingan ini ke rekan-rekan anda yang juga mungkin membutuhkannya. Wassalam,,,, www.kherysuryawan.com.
0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 SMP/MTS Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2"
Posting Komentar